Telah Terbit Buku Panduan Strategi Anti Fraud bagi Industri Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

OJK menerbitkan Buku Panduan Strategi Anti Fraud bagi Industri BPR yang ditujukan kepada industri dan stakeholders BPR sebagai bentuk implementasi Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia bagi Industri BPR dan BPRS 2021-2025.
 

Silahkan unduh buku panduanya pada link berikut : Unduh Buku Panduan

Dikemas dengan bahasa sederhana disertai contoh implementasi, penerbitan buku ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran (awareness) anti fraud bagi pegawai BPR pada seluruh jenjang jabatan dan stakeholders BPR termasuk nasabahnya, serta dapat menjadi pedoman bagi industri BPR dalam menyusun Strategi Anti Fraud sesuai dengan kompleksitas, skala usaha dan kebutuhan bisnisnya.

Sebagai bentuk implementasi Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia bagi Industri BPR dan BPRS (RBPR-S) 2021-2025 khususnya terkait dengan peningkatan daya saing melalui penguatan tata kelola dan manajemen risiko, OJK menerbitkan Buku Panduan Strategi Anti Fraud bagi Industri BPR (SAF BPR) yang ditujukan kepada industri dan stakeholders BPR.

Penerbitan Buku Panduan SAF BPR bertujuan untuk meningkatkan kesadaran (awareness) anti fraud bagi pegawai BPR pada seluruh jenjang jabatan dan stakeholders BPR termasuk nasabahnya, serta dapat menjadi pedoman bagi industri BPR dalam menyusun SAF sesuai dengan kompleksitas, skala usaha dan kebutuhan bisnisnya.

Buku ini disajikan dengan karakteristik khusus yang sesuai dengan industri BPR, yaitu dikemas dengan bahasa sederhana, disertai dengan contoh dan gradasi inisiatif implementasi SAF. Selanjutnya, buku ini merupakan living document yang dapat disesuaikan dalam menghadapi perkembangan industri keuangan yang bersifat dinamis dan memerlukan respon kebijakan yang relevan dan tepat waktu.