Bupati Bandung Launching Sistem Pembayaran DS

Bupati Bandung Launching Sistem Pembayaran DS

Bupati Bandung Dadang Supriatna melaunching Payment Point Online Banking Digital Saku (PPOB DS). PPOB DS merupakan sistem aplikasi hasil kerjasama antara  PT. BPR Kerta Raharja, Alco Tech Indonesia dan Cv. Tunas Mandiri.

Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi keuangan. Antara lain pembayaran tagihan listrik, PDAM, iuran BPJS Kesehatan, TV berlangganan, hingga transfer ke seluruh bank yang ada di Indonesia.

Kegiatan launching yang dilakukan di Gedung Moh. Toha  Soreang, Senin (6/9/2021) tersebut, diikuti pemerintah desa, kelurahan, kecamatan, serta para mitra yang sudah bekerjasama, secara virtual.

Bupati mengapresiasi kehadiran aplikasi keuangan tersebut. Menurutnya PPOB DS dapat memenuhi bebagai kebutuhan masyarakat, agar dapat bertransaksi secara praktis.

“Aplikasi ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa. Di tengah pandemi ini, kita harus membatasi kegiatan di tempat umum. Dengan adanya PPOB DS, kita bisa bertransaksi dari rumah secara mudah dan tentunya sangat aman,” ujar bupati didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung, Marlan.

PPOB DS, menurut pria yang akrab disapa Kang DS itu, harus disosialisasikan kepada seluruh warga hingga ke tingkat RW. Sistem itu dinilainya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan adanya agen kios pembayaran, akan menambah penghasilan masyarakat. Yang artinya, biasanya dia pergi sendiri ke bank untuk bertransaksi, sekarang tidak perlu jauh-jauh karena sudah ada agen yang tersebar hingga ke tingkat RW,” paparnya.

Kang DS menilai, PPOD DS mampu mendukung terwujudnya smart city di Kabupaten Bandung.  Smart City merupakan  salah satu konsep kota, yang diimpikan hampir semua daerah di Indonesia.

“Perwujudan smart city Kabupaten Bandung tidak sekedar wacana, tetapi sudah dibuktikan dengan berbagai aplikasi yang kita miliki hingga saat ini. Mari kita ciptakan pelayanan di Kabupaten Bandung berbasis digital,” tutur Kang DS.

Sementara itu Direktur Operasional BPR Kerta Raharja Boy Ferli Sumaatmaja mengungkapkan, kehadiran PPOB DS mampu mengembangkan teknologi pembayaran yang handal dan mudah digunakan.

“Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store, tinggal didownload lalu bisa langsung digunakan sesuai dengan kebutuhan, masyarakat tidak perlu lagi ke bank atau ke ATM,” pungkasnya.

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan