Laporan Penerapan Tata Kelola & Self Assesment Tahun 2019

LAPORAN PUBLIKASI PELAKSANAAN TATA KELOLA PERUSAHAAN PT. BPR KERTA RAHARJA TAHUN 2019

Tujuan Tata Kelola Perusahaan PT BPR KERTA RAHARJA menyadari bahwa penerapan Tata Kelola Perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) merupakan suatu keharusan demi menjaga kelangsungan usaha perusahaan dalam jangka panjang dan memaksimalkan nilai perusahaan. Penerapan Tata Kelola ditujukan antara lain untuk:

  1. Mendukung visi BPR, untuk menjadi "Bank Perkreditan Rakyat professional, kokoh,mandiri, dan berdaya saing dalam pengembangan ekonomi masyarakat Kabupaten Bandung”.
  2. Mendukung misi BPR sebagai lembaga intermediasi keuangan bagi UMKM dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat guna mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah Kabupaten Bandung juga sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah Kabupaten Bandung
  3. Memberi manfaat nilai tambah bagi para stake holders (pemegang kepentingan)
  4. Mempertahankan dan meningkatkan kelangsungan usaha yang sehat, kompetitif untuk jangka panjang
  5. Meningkatkan kepercayaan masyarakat dan nasabah kepada BPR

Referensi

  1. Peraturan OJK 4/POJK.03/2015 tanggal 31 Maret 2015 tentang Penerapan Tata Kelola bagi BPR.
  2. Peraturan OJK 13/POJK.03/2015 tanggal 03 Nopember 2015 tentang Penerapan Manajemen Risiko bagi BPR
  3. Surat Edaran OJK No.5/SEOJK.03/2016 tanggal 10 Maret 2016 tentang Penerapan Tata Kelola Bagi BPR
  4. Surat Edaran OJK No.6/SEOJK.03/2016 tanggal 10 Maret 2016 tentang Penerapan Fungsi Kepatuhan BPR
  5. Surat Edaran OJK No.7/SEOJK.03/2016 tanggal 10 Maret 2016 tentang Standar Penerapan Fungsi Audit Intern BPR (SPFAIB)
  6. Surat Edaran OJK No.8/SEOJK.03/2016 tanggal 10 Maret 2016 tentang Penerapan Tata Kelola Bagi BPR
  7. POJK No.37/POJK.03/2016 tanggal 25 Nopember 2016 tentang Rencana Bisnis BPR & BPRS
  8. Peraturan Menteri Dalam Negeri No.94/01/2017 tentang Pengelolaan Bank Perkreditan Rakyat

Pernyataan Komitmen Penerapan Tata Kelola

Seiring dengan meningkatnya persaingan dan risiko bisnis, operasional perbankan, maka melalui penerapan prinsip Tata Kelola (Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi dan Fairness) diharapkan BPR dapat meningkatkan bisnis yang sehat sehingga BPR tumbuh dan berkembang sesuai harapan. Penerapan tata kelola merupakan upaya menjaga kepercayaan masyarakat dan pemegang saham BPR, sehingga Manajemen berkomitmen untuk terus melaksanakan implementasi prinsip-prinsip Tata Kelola sesuai dengan regulasi yang berlaku dan praktek perbankan terbaik (The Best Practise).

 

Struktur Tata Kelola

Pembagian tugas dan tanggungjawab yang jelas antar unit kerja dan karyawan berupa Job Description atau Tupoksi di BPR mencerminkan pelaksanaan Tata kelola berupa “check balances’ dan pelaksanaan pengendalian internal efektif.

Berikut Laporan Lengkap download